HAND GUARD: Aksesoris Tak Sebatas Pemanis



Di arena balap MotoGP, part ini sering juga disebut sebagai lever-guard. Wajib dipasang di motor yang digunakan balapan. Berguna untuk menjaga keselamatan diri sendiri dan pembalap lain. Lever-guard hanya dipasang di sebelah kanan. Berguna untuk melindungi tuas rem depan. Agar tidak tertekan saat pembalap bersenggola maupun terjadi kecelakaan.

Bro dan sist bisa membayangkan sendiri jika rem yang sangat pakem tersebut tiba-tiba tersenggol oleh pembalap lain. Tentu saja hal tersebut dapat membahayakan pembalap tersebut, maupun rival balapannya.  Lever-guard di desain dengan bentuk yang simpel, dan bahan ringan. Sehingga tidak berpengaruh terhadap aerodinamik sepeda motor. Biasanya hanya berwujud setangkai besi yang panjangnya tidak lebih dari 15 cm.

Sementara itu, di jalan raya lever-guard juga disebut sebagai hand-guard. Di pasang tidak hanya di sebelah kanan. Namun juga di sebelah kiri stang. Ada banyak merek dan model handguard yang dijual dan bisa dipilih. Harga dan kualitasnya tentu saja juga bervariasi. Ada yang murah ada juga yang mahal. Bahan pembuatnya pun bermacam-macam. Beberapa produsen membuat hand-guard dengan bahan plastik yang kaku, namun produsen yang lain membuatnya dari logam.

Mau handguard yang keren? Nggak perlu bingung memilih Bro. Ada hand guard Suzuki GSX-R150 SARP Cobra Series. Harganya Rp550.000. Hand guar ini berbeda dengan yang di pasang di MotoGP yang hanya di stang kanan bagian gas motor. Hand guard SARP Cobra untuk Suzuki GSX-R150 dipasang di sebelah kanan dan kiri.

Aksesoris ini dapat meningkatkan keselematan dengan memberikan perlindungan pada tuas rem dan kopling. Dibuat dari bahan duralium series 5 (A052P), full CNC Proces. Tersedia beberapa warna yaitu Sliver, biru, merah dan titanium. Bahan tersebut memiliki daya tahan yang tinggi.