SEBELUM REMOTE HILANG, SEBAIKNYA DIANTISIPASI BROSIS



Demi memberi kemudahan, kepraktisan sekaligus berfungsi sebagai pendukung peranti keamanan, Suzuki GSX 150 series dilengkapi fitur keyless ignition system. Artinya, starter motor gak lagi pakai anak kunci konvensional yang harus dicolok ke lubang atau rumah kunci. Semua dikendalikan lewat remote yang sudah diseting. Lalu, gimana kalau peranti ini hilang?

Insiden kehilangan remote, entah terjatuh atau kelupaan menyimpan, bisa terjadi pada siapa saja. Kalau terjadinya saat motor masih diparkir di rumah sih, mungkin tidak terlalu pusing. Tapi kalau lenyapnya remote saat motor lagi dipakai gaul ke mal atau daerah tertentu, dijamin bikin keder. Nah, sebelum hal ini terjadi, sebaiknya diantisipasi brosis. Caranya:

1. Hafalkan nomor PIN. Karena kode ini penting sekali, ketika remote hilang. Artinya, untuk penggandaan remote, mekanik bengkel resmi Suzuki butuh nomor PIN asli milik GSX Anda, brosis.

2. Berkaitan nomor PIN, jika Anda tipe orang yang agak pelupa, kode ini bisa saja dicatat pada phonebook handphone, namun tetap terjaga kerahasiannya.

3. Buat antisipasi, jika tersedia dana lebih, bisa juga membeli remote cadangan. Harganya berkisar Rp 600 ribuan.

4. Pastikan remote tidak sendirian. Maksudnya, gunakan gantungan kunci sebagai pendamping, sehingga remote mudah terlihat. Kalaupun terjatuh, akan menimbulkan suara yang dapat terdengar jelas.

5. Gunakan gantungan kunci yang pengaitnya kuat, bukan model kawat tipis yang suatu saat bisa melar dan meloloskan remote tanpa kita sadari.

6. Pastinya, jangan sembarangan menaruh remote, brosis. Maklum, bendanya kecil plus berwarna hitam, alhasil kerap luput dari pandangan mata.