Helm Charger: Inovasi Cara Praktis Mengisi Baterai



Jakarta, SMI - Kabar gembira bagi penggemar touring motor jarak jauh. Apalagi kalau pakai Suzuki GSX 150 Series.  Meski di wilayah yang jauh dari jangkauan jaringan listrik, tak perlu khawatir  HP Anda low batt atau bahkan mati.  Berkat helm charger, ke mana pun Anda bertualang, HP  nyambung terus. 

Peranti kreatif ini karya Maria Eleonora Angelina, siswa kelas 2 SMP Kristen Petra 3, Surabaya.  “Idenya sih muncul dari teman-teman di sekolah.  Mereka kan banyak yang naik sepeda motor, juga banyak yang bawa HP. Juga dari rasa penasaran orang tua  Jadi saya ciptakan helm ini untuk mereka,” paparnya. 

Di atas helm terdapat   “pembangkit tenaga listrik “  mungil sebagai charger . Kabel out put menjuntai di bagian belakang helm, yang bisa dihubungkan dengan soket input pada HP. Saat sepeda motor berjalan, charger akan mengisi baterai HP.

Sekarang alat ini masih terus disempurnakan.  Rencananya, helm charger bisa digunakan untuk mengisi baterai aneka gadged lain yang kerap dibawa saat berkendara motor. Misalnya laptop atau MP3.

Bentuk Inovasinya:

Helm  dirancang  khusus dengan bagian atas terdapat dudukan baling-baling kecil yang terhubung sebuah rangkaian, generator/dynamo, kapasitor,  dan IC (Integrated Circuit) regulators.  Tiupan angin akan memutar baling-baling yang menggerakkan dynamo  mungil.  Pembangkit listrik itu akan menghasilkan tegangan sebesar 5 volt,  saat baling-baling berputar dengan torsi 3.200 rpm, atau ketika  sepeda motor melaju dengan kecepatan 60 km / jam.  Arus listrik yang timbul kemudian dialirkan menuju IC Regulator.  Di bagian ini arus distabilkan sebelum dikirim lewat  kabel out put menuju HP.  Kabel out put dirancang panjang (1 – 1,5 m).  Sehingga bisa menjangkau HP yang berada di dalam saku baju maupun celana.  Untuk melindungi perangkat elektronik, dipasang penutup atau casing di bagian atas helm.

Kontak

Kalau ingin mencoba ide ini, silakan meminta izin Maria Eleonora Angelina atau SMP Kristen Petra 3, Surabaya,  sebagai pemegang hak cipta  karya kreatif ini. Alamat: Jl Manyar Tirtosari Raya 1-3, Surabaya. Telp.(031) 594 7898.  Atau Bapak Gunawan Siswoyo : 08165406343.