BOX vs BAG: Pilih Mana?



Jakarta, SMI - Mengandalkan bagasi saja, sudah pasti tidak akan mencukupi kapasitas barang dan perbekalan.  Khususnya pengguna motor sport. Sekarang brosis dihadapkan kepada dua pilihan. Antara  box dan bag. Mau pilh mana? Semua tergantung kepada preferensi brosis masing-masing. Begitu pula dengan box dan bag yang punya plus minus masing-masing. Apa saja keunggulan dan kekurangannya masing-masing wadah itu? Mari disimak!

BAG

Ada dua jenis bag yang digunakan di sepeda motor. Yaitu side bag dan saddle bag. Umunya dibuat dari bahan dasar kain. Sama seperti bahan yang digunakan untuk membuat tas. Ada juga yang dibuat dari kulit. Biasanya dipasang pada motor berjenis chopper. Di pasaran, pilihan mereknya pun beragam.

Keunggulannya: ringan, tidak membebani sasis motor. Mudah dipasang, menggunakan tali strap, tidak berisiko pecah atau rusak ketika motor jatuh. Harganya lebih murah dibandingkan dengan boks. Bisa dilipat kosong. Beberapa produsen saddle bag mendesain produknya agar bisa ditengteng maupun dijadikan tas gendong ketika pengendara sudah sampai tujuan. Jadi bisa lebih gaya.

Sedangkan kelemahannya yaitu cenderung tidak kedap air meskipun dilengkapi dengan rain coat. Karena sepeda motor melaju dengan kecepatan tinggi, sementara air banyak yang terpancar dari berbagai arah maka rain coat tetap tidak menjamin keamanan barang di dalamnya dalam kondisi hujan. Kurang aman jika ditinggal di parkiran.

BOX

Ada dua jenis box yang biasa diaplikasi di sepeda motor. Yaitu sidebox dan top box. Keduanya dibuat dengan bahan plastik. Ada banyak pilihan merek dengan mutu bervariasi. Merek-merek terkenal dan import pun menyediakan box untuk beragam motor sport.

Box punya keunggulan rapi, mampu melindungi barang-barang dari hujan dan debu secara baik, dan aman.  Tapi kelemahannya, harga cukup mahal, berat, tidak fleksibel, bentuk beragam membuat brosis kesulitan melakukan loading sesuai dengan volume membebani sasis motor, rentan pecah saat motor jatuh, motor menjadi lebar.