Rawat Windshield: Begini Treatmentnya Brosis!



Jakarta, SMI - Penanganan windshields yang tidak benar justru membuat peranti ini menjadi buram dan berpenampilan semakin buruk. Mika atau biasa disebut kaca pelindung alias windshields yang menempel di motor punya trik dan cara tersendiri dalam hal perawatan. Cermati hal berikut ini brosis, agar tidak salah perlakuan, ya....

TEMPAT PARKIR TEDUH

Matahari musuh bebuyutan bagi windshields. Jika Anda terpaksa harus memarkir sepeda motor di tempat terbuka dan terpapar terik matahari, disarankan agar melindungi windshields dengan penutup. Terutama jika lapisan anti-UV sudah rusak atau hilang. Gunakan kain lembut untuk melindungi windshield dari sengatan sinar matahari. Kain lembut mencegah terjadinya goresan di permukaan windshields.

JAGA KEBERSIHAN

Bersihkan kaca depan dengan air hangat. Tambahkan pula sabun untuk mencucinya. Terkadang Anda menemukan sisa-sisa serangga yang mati karena tertabrak saat Anda melaju kencang. Awas jangan asal gosok. Sebaiknya, cara membersihkannya adalah menggunakan handuk yang sudah direndam dalam air hangat. Tutupkan handuk itu di bagian windshields yang dinodai sisa-sisa serangga tadi. Tunggu selama sekitar 10 menit. Setelah kotoran melunak, basuh dengan air mengalir sambil dilap dengan handuk.

PERLAKUKAN SECARA LEMBUT

Windshields umumnya dilapisi dengan lapisan anti-gores yang juga berfungsi sebagai perisai dari sengatan sinar UV. Gunakan kain katun, kain mikrofiber, atau lap chamois untuk membersihkan permukaan windshields. Lakukan gerakan melingkar (sirkuler) saat melakukan proses pengelapan. Goresan yang mungkin terjadi akibat gerakan sirkuler lebih tak kelihatan bila dibandingan dengan goresan yang diiakibatkan gerakan pada arah lurus (linier).

Windshields bukan sekadar aksesori fantasi. Perawatan yang tak benar akan mengakibatkan windshields jadi buram. Akhirnya mengganggu pandangan Anda saat berkendara. 

 

Teks dan Foto: Team SMI