Sejarah Suzuki GSX-R

Legenda Motor Sports Suzuki Selama 30 Tahun

Ketenaran nama GSX-R series yang sudah dikenal para pecinta motor sports kencang di dunia tidak luput dari sejarah yang panjang. Beragam proses seperti desain, riset dan pengembangan, produksi hingga penjualan memiliki kisah tersendiri yang menarik untuk diikuti agar bisa mengenal GSX-R tiap generasi dengan baik. Kesuksesan selama 30 tahun perjalanan hidup Suzuki GSX-R seolah tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Banyak peristiwa penting telah dilalui motor yang banyak merubah kisah sukses Suzuki di dunia sepeda motor dunia.

Bermula pada sekitar awal tahun 1980an di Suzuki Motor Corporation (SMC) Japan. Para insinyur di Suzuki yang telah sukses memproduksi sepeda motor selama 30 tahun memiliki gairah dan antusiasme baru, yaitu tidak lagi hanya menciptakan sepeda motor yang bisa dikendarai semua orang dan handal, tetapi juga bisa diajak berkompetisi di ajang balap untuk menjadi juara. Berbagai pengalaman mereka di dunia balap sangat berguna dan menjadi pengaruh dalam proses menciptakan model sepeda motor Suzuki selanjutnya sesuai gairah dan antusiasme baru tersebut.

Seiring berjalannya waktu di pertengahan tahun 1980an, upaya terus-menerus tim research & development Suzuki sampai pada titik kelahiran sepeda motor yang akan mengubah sejarah industri sepeda motor dunia selamanya, yaitu Suzuki GSX-R. Tak terasa sudah sekitar 31 tahun yang lalu Suzuki memperkenalkan model perdana GSX-R750, sebuah motor yang memiliki kecanggihan teknologi dan performa layaknya motor balap, sekaligus berhasil menciptakan kategori baru di kelas performance sport bikes.

Semua berawal ketika tim Suzuki memulai pengembangan calon GSX-R pertama dengan membangun sebuah motor yang canggih dan berguna untuk keperluan balap. Tantangan terbesar yaitu pengembangan mesin dan sasis untuk memaksimalkan output tenaga dan kecepatan, setelah itu pengurangan bobot juga menjadi faktor penentu yang perlu diwujudkan.

Salah satu fokus teknologi utama yang dikembangkan dan diperkenalkan pada awal proses pembuatan GSX-R adalah sistem teknologi pendinginan baru yang memiliki bobot ringan dan menjadi signature kelahiran GSX-R, yaitu bernama Suzuki Advanced Cooling System, menggunakan fitur jet khusus untuk menyemprotkan pendinginan oli di sisi bawah masing-masing piston sekaligus bisa menambah kapasitas oli untuk menjaga kondisi mesin tetap dingin meski digunakan dalam RPM tinggi.

Sementara itu, tim pengembang sasis berkonsentrasi pada sasis yang berbentuk sederhana, kompak namun kuat. Dengan komponen berkualitas tinggi, mereka mampu menciptakaan sasis baru dengan bobot yang lebih ringan hingga kurang dari setengah bobot pendahulu model GSX-R.

Pada akhir tahun 1984, akhirnya Suzuki GSX-R siap untuk diperkenalkan kepada publik di dunia pada ajang Cologne Show. Ketika selubung penutup Suzuki GSX-R750 dibuka untuk pertama kali, industri dan pecinta sepeda motor dunia dibuat gempar oleh spesifikasi dan tampilannya.

Selama akhir tahun 1980an dan awal 1990an, Suzuki GSX-R semakin dikenal di dunia dan menjadi pemimpin teknologi di dunia motor sport. Pengembangan model GSX-R terus berlanjut sekaligus menjadi standar baru performa motor yang dicari-cari. Setiap model baru dirancang dengan teknologi terkini sesuai perkembangan jaman dan dikembangkan dari hasil yang diperoleh dari berbagai feedback pengguna di dunia. Tim yang bekerja di belakang layar GSX-R memiliki hubungan yang sangat dekat dan intensif dalam meningkatkan kualitas produk, sebab mereka juga lah yang secara langsung menguji GSX-R hingga batas maksimal.

Tahun 2000 menjadi era ‘generasi baru’ bagi model GSX-R. Perjalanan desain dan pengembangan GSX-R selama 15 tahun mencapai titik tertinggi ketika dinobatkan sebagai sportsbike terbaik yang pernah dibuat di dunia. Bersamaan dengan kesuksesan tersebut, Suzuki memperkenalkan GSX-R dengan mesin terbaru berkapasitas 1000cc. Dengan mesin baru bertenaga 145 horsepower, GSX- R1000 tidak pernah mengecewakan dan selalu memenangkan uji komparasi sejak tahun pertamanya. Pada saat itu, Suzuki GSX-R lineup terdiri dari 3 pilihan mesin 600cc, 750cc dan 1000cc.

Warisan GSX-R pun terus berlanjut di tahun 2015 dengan kembalinya Suzuki di ajang MotoGP dengan pebalap Aleix Espargaro dan Maverick Vinales menggunakan motor baru GSX-RR MotoGP. Penerapan pengembangan teknologi GSX-RR diwujudkan kepada produk turunannya berdasarkan tren masa kini. Suzuki membagi anggota GSX keluarga dalam 2 model kategori, GSX-R dan GSX-S. Huruf 'R' di GSX-R menandakan nafas 'Racing', sedangkan huruf 'S' di GSX-S menandakan arti 'Street Sport' yang memiliki filosofi sebagai alter ego bagi pengendara sehari-hari yang mendambakan performa tinggi namun tetap mengutamakan pengendalian yang dinamis dan menyenangkan. Diferensiasi ini adalah untuk memberikan preferensi pengendara yang cocok dengan lifestyle mereka.

Sejalan dengan latar belakang dan strategi pengembangan tersebut, pada tahun 2016 Suzuki langsung memperkenalkan kepada dunia untuk pertama kalinya sebuah produk yang mewarisi tradisi dan teknologi motor sport Suzuki, yaitu Suzuki GSX-R 150 dan GSX-S 150.